SUN SIGN? MOON SIGN? Apa Bedanya?

Jika kalian ditanya apa zodiakmu, pasti dengan reflek kalian akan menjawab Aries, Taurus, Gemini, … Pisces. Lalu jika ditanya lagi, mengapa kamu Aries? Mungkin salah satu dari kalian akan menjawab, “Yaa, karena aku lahir di periode Aries, tepatnya 21 Maret”.

Akan tetapi, tahukah kalian, bahwa tanya-jawab tersebut merupakan pembahasan tentang Sun Sign/Tanda Matahari? Jadi, zodiak yang kalian tulis sedari dulu di biodata kalian dan menjadi pembahasan banyak akun-akun zodiak di media sosial, merupakan perhitungan dari Sun Sign. Lalu apa yang dimaksud Moon Sign? Mari kita bahas semuanya.

Matahari bergerak mengelilingi bumi sekali dalam setahun. Di saat itulah matahari bergerak melewati 12 tanda dalam zodiak.  Tanda zodiak yang dilewati matahari di saat waktu kelahiranmu itulah yang dinamakan Sun Sign.

Matahari merupakan planet kita yang paling berlimpah energi. Ia memberi kita kehidupan, kehangatan, makanan dan energi. Matahari merupakan sebuah kekuatan yang menjaga kelangsungan setiap makhluk hidup di bumi.

Itulah mengapa, banyak keyakinan-keyakinan terdahulu bahkan sampai menganggapnya Tuhan. Matahari merupakan planet yang paling penting dan berpengaruh di dalam interpretasi horoskop, dan dalam banyak hal mendeterminasi bagaimana orang lain melihatmu.

Saya akan mengumpamakan Sun Sign sebagai peran yang diberikan dalam drama besar hidupmu. Dapat dibayangkan, bahwa dalam sebuah drama terdapat naskah yang akan kita mainkan dan dimulai tepat di saat waktu kelahiran kita.

Dan kita adalah pemeran utama dalam drama tersebut, dan peran yang kamu mainkan adalah Sun Sign-mu. Jika menggunakan analogi lain, horoskopmu merupakan sebuah lukisanmu.

Karakteristik dari Sun Sign gambaran dasar yang seorang pelukis torehkan di atas kanvas. Pelukis memberi garis dasar pada bentukmu, setiap lekuk tubuh dan parasmu. Dalam pengertian sederhana, Sun Sign merupakan gambaran karaktermu yang bersifat umum. Apakah kamu introspektif? Mudah mencari teman? Berkepala keras atau easy going? Jawabannya mungkin dapat kamu temukan pada Tanda Mataharimu.

Sekali lagi saya tekankan bahwa Sun Sign, hanyalah awal mula dari gambaranmu, yakni garis dasar. Kita masih memiliki Moon Sign dan Ascendant Sign di dalam birth chart, yang akan memberi gambaran yang lain tentang dirimu. Ingatlah, bahwa kompleksitas alam semesta juga ada dalam tubuhmu.

Jika Sun Sign merupakan sebuah tanda yang orang-orang lain lihat dari dirimu, Moon Sign atau Tanda Bulan merupakan bagian yang kamu lihat dari dirimu. Di dalam Astrologi, tanda bulan mempengaruhi aspek-aspek emosi, insting, dan ketaksadaran. Jika Sun Sign merepresentasikan kehendakmu, Moon Sign merepresentasikan reaksi dari instingmu.

Evangeline Adams, salah satu astrolog masyhur di awal abad 21, menulis bahwa jika Penanda matahari merupakan individualitas maka Penanda Bulan merupakan personalitas. Secara esensial, Penanda Bulan merupakan bagian salah satu sisi dirimu yang bereaksi bahkan sebelum kamu sempat berpikir.

Jika dianalogikan menggunakan teori Sigmund Freud dalam pembentukan kepribadian, Sun Sign merupakan representasi Ego dan Moon Sign merupakan representasi dari Id. Berangkat dari Freu, bahwa ego merupakan aspek kesadaran dari manusia (di dalam astrologi disimbolkan matahari), sementara Id merepresentasikan insting dan ketaksadarannya (simbol bulan).

Dalam beberapa hal, aspek personal dari Tanda Bulanmu adalah sesuatu yang biarkan untuk dirahasiakan. Kemanusiaan bahkan terkadang mencoba merepresi kebiasaan instingtifnya: primitif, ketidakberadaban, dan naluriah.

Hal tersebut yang menyebabkan aspek personalia dari Tanda Bulanmu merupakan sesuatu yang kamu anggap mengganggu. Itu adalah inti terdalammu, yang membuatmu merasa benci, iri, dan takut, dan menjadi fantasi-fantasi yang seringkali kamu ingkari ada dalam dirimu.            

Tentunya, hal di atas bukanlah gambaran keseluruhan dari Tanda Bulanmu yang mempengaruhi personalitasmu. Tanda Bulan merupakan bagian dari dirimu yang mampu merasakan secara spontan kenyamanan dan kenikmatan, suatu sisi yang bereaksi pada stimulus emosi.

Tanda Bulan merupakan bagian dari dirimu yang mampu menikmati sensasi-sensasi dari kehidupan—parfum beraroma bunga, aroma rumput setelah hujan, kenikmatan saat bermandi air panas dan lain-lainnya. Tanda Bulan, secara singkat merupakan reaksi kita terhadap lingkungan sekitar, sehingga hal tersebut berpengaruh pada kelima indera kita.

Dalam Astrologi, makna dari Tanda Bulan bisa jadi sangat esoterik. Tanda Bulan bisa berasal atau mempengaruhi masa kanak-kanak, mimpi, dan memori masa lalu. Hal-hal tersebut bisa merasuk ke dalam psikologismu. Sebagai seorang astrolog, Landis Knight Green mengatakan bahwa “Tanda Bulan adalah pondasi dari alam bawah sadarmu.”

Itulah mengapa Tanda Bulan memegang kekuasaan atas sektor emosi, yang berpengaruh pada resepsimu pada orang lain dan juga apa yang orang lain rasakan terhadapmu. Tanda Bulan merupakan faktor yang paling penting dalam hubungan percintaan.

Kekuatan dan ikatan suatu hubungan yang langgeng bisa berangkat dari kecocokan antara Sun Sign-mu dengan moon sign pasanganmu. Misalnya, kamu memiliki Sun Sign Leo dan pasanganmu memiliki Moon Sign Leo.

Pasangan dengan kolaborasi Sun Sign dan Moon Sign tersebut mempunyai kesempatan untuk menjalani hubungan jangka panjang karena keduanya akan memahami satu sama lain lebih dalam.

Lalu bagaimana kamu tahu apa Moon Sign-mu? lihat tabel di bawah ini yuk!

PERHATIAN!

Kalau tanggal lahir kalian tidak tercantum di bawah, maka untuk mengetahui Moon Sign kalian, cukup dengan melihat Moon Sign dari tanggal sebelumnya.

Moon Sign 1952 – 1971

Moon Sign 1972 – 1991

Moon Sign 1992 – 2011

Moon Sign 2012 – 2031

Moon Sign 2032 – 2051

Penulis            : M. Lutfi Dwi Kurniawan

Ilustrator        : Imarafsah Mutianingtyas

Facebook Comments Box

No Responses

  1. Pingback: Kuis: Seberapa Leo Kamu? - ZOODICAN June 23, 2020